Akibat Defisiensi Vitamin A, B1, dan B2

Sering Merasa lelah dan hilang nafsu makan? Mungkin defisiensi vitamin A, B1, dan B2 penyebabnya. Jadi jangan panik dulu. Lebih baik cek pola makan, amati perubahan, baru ambil tindakan. Kalau benar, gampang diatasinya. Sobat Bumi Kopi tak perlu cemas berlebihan.

defisiensi vitamin

Kadang memang tubuh terasa lesu dan lemah. Terutama jika sedang tidak fit. Kondisi ini bisa beragam penyebabnya. Yang penting pastikan 2T: tepat makan dan tepat tidur.

Definisi 2T ala Bumi Kopi

Kita diberi napas dan kehidupan oleh Allah untuk mengisi hidup kita dengan kebaikan. Makanya perlu dijaga dengan benar. Cek jumlah vitamin dan mineral yang dikonsumsi harian. Tubuh kita selalu membutuhkan sejumlah vitamin dan mineral dalam jumlah yang tidak sama. Tapi tetap bisa disamakan. Vitamin dibutuhkan untuk membuat tubuh dapat berfungsi dengan baik dan tetap sehat.

Tepat makan adalah istilah untuk memastikan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh sesuai kebutuhan. Tidak kurang dan tidak lebih. Bisa pakai panduan empat sehat lima sempurna yang sekarang berganti menjadi “Piring makanku”.

Tepat tidur sesuai namanya memiliki arti tidur dengan jumlah yang cukup. Meski dikatakan jumlah namun sebenarnya lebih pada kualitas tidur yang cukup. Harus mengalami deep sleep.

Beda usia beda dampaknya.

Jika anak yang alami gejalanya

Gejala lemas dan lesu jarang dialami oleh anak-anak. Mereka ini durable sekali. Ga ada habisnya. Nah, kalau mereka yang mendapat gejala ini, sebaiknya lebih dari 2T di atas. Sebelumnya, pastikan dulu bahwa dua gejala ini bukan akibat dari defisiensi vitamin A, B1, dan B2. Jadi memang tetap saja memperhatikan jumlah asupan makanan anak.

Ada beberapa macam penyebab kenapa anak lemas dan lesu. Lebih baik amati dulu. Apalagi jika disertai mengantuk. Aku waspada kalau anak tidur pada jam yang tidak biasa. Kadang sembuh dengan tidur dan makan saja, sehingga tidak seberapa cemas. Nah kalau lama sembuhnya, bisa dicek lagi kondisi fisiknya.

Beberapa penyebab anak terlihat lemas dan mengantuk bisa yang agak umum adalah:

  1. Terjadi infeksi di tubuhnya
  2. Mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan
  3. Ada benjolan di kepala
  4. Mengalami keracunan,
  5. Dan lain-lain.

Lima contoh di atas jangan disepelekan. Jika tidak terbiasa menyembuhkan diri dari rumah, langsung bawa ke klinik terdekat karena pada dasarnya anak membutuhkan penanganan medis secepatnya.

Kalau mau belajar cara sehat dari rumah, bisa membaca artikel-artikel di Dewa Alam. Blog ini punya tagline “Sehat dan Cantik dengan Bahan dari Alam”. Isi blognya juga sangat bermanfaat. Sobat bisa belajar aneka cara tetap sehat dan cantik menggunakan bahan dari alam sekitar. Ada aneka resep makanan, minuman dan obat dari bahan di sekitar rumah dan di kebun.

Defisiensi vitamin A, B1, dan B2

Diet yang seimbang dapat memasok tubuh dengan itamin dan mineral yang dibutuhkan. Harus tepat karena jika kelebihan akan keluar percuma melalui keringat, kalau kurang akan menimbulkan masalah. Gejala kekurangan vitamin bisa dilihat dengan mata jeli. Biasanya akan muncul dengan sendirinya ketika kekurangan vitamin sudah pada tingkat lanjut.
Defisiensi atau kekurangan vitamin A, B1, dan B2 terjadi akibat pola makan yang buruk, stres, kekurangan vitamin, atau mengkonsumsi obat-obatan yang mengganggu konsumsi vitamin. Secara umum punya dua akibat yang tak bisa disepelekan.

Beberapa masalah dan gangguan yang muncul akibat kurang vitamin A, B1, dan B2

  1. Selalu merasa lelah,
  2. Nafsu makan hilang.
  3. Moody karena mental dan emosional tidak stabil,
  4. bibir pecah-pecah.

Pastikan jangan melewatkan asupan vitamin yang dibutuhkan, ya! Kalau mengalami konsentrasi rendah, kadang saya minum kopi kayu manis. Termasuk kopi herbal nih….
Meskipun cuma kekurangan vitamin, tapi dapat mengurangi kinerja dan mengancam kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Agar tetap sehat dan dalam uppaya menjaga tubuh agar berfungsi sebagaimana mestinya, kita juga perlu menyisihkan dana dengan vitamin dan suplemen. Anggap investasi yang berharga.

Ada banyak penjual vitamin dan mineral secara online, kalau tidak mau beli di toko nutrisi lokal. menyenangkannya, masih banyak vitamin yang harganya murah sekali. Intinya sih, berapa pun usiamu, pastikan mengonsumsi makanan yang tepat. Tapi juga jangan berharap vitamin bisa menggantikan semua kebutuhanmu. Vitamin hanyalah satu bagian minor dari nutrisi harian yang WAJIB ada.

Tinggalkan komentar