Cerita tentang Kopi

Semangat pagi para pecinta kopi… Kali ini mimin ingin memberimu cerita tentang kopi. Si bahan makanan yang harum nikmatnya bikin bahagia ini juga punya kisah, lho.

cerita kopi

Bumi Kopi Muria merangkumnya untukmu. Selamat membaca ya…

Kopi (coffea sp) merupakan tanaman yang dapat hidup di daerah tropis. Tanaman kopi dapat dijumpai di Sumatera, Jawa, Nusa Tenggara hingga Papua. Jenis yang ditanam di Indonesia adalah robusta, arabika, dan liberika.

Tanaman kopi dapat mencapai ketinggian sekitar 4-6 meter pada usia matang atau siap panen. Pada masa awal tanam hingga masa berbuah, bunga akan tumbuh selama kurang lebih 6 sampai 7 bulan yang kemudian menjadi buah kopi.

Buah kopi memiliki warna hijau yang lama kelamaan akan berubah menjadi merah dan siap untuk dilakukan pemanenan dengan cara dipetik. Proses setelah pemanenan dapat dilakukan pengolahan pasca panen yang kemudian bisa menjadi kopi yang siap untuk dinikmati oleh penikmat kopi.

Kopi merupakan suatu jenis tanaman tropis. Kopi juga merupakan minuman yang tidak mengandung alkohol dan memiliki kafein. Banyak manfaat yang didapatkan dari mengkonsumsi kopi, di antaranya kafein yang terkandung didalamnya dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh.

Bagi sebagian orang dengan rutinitas yang mengharuskan mereka untuk beraktivitas dimalam hari, kopi bisa menjadi alternatif minuman yang baik karena kandungan kafein yang dimilikinya dapat mengatasi rasa kantuk. Kopi juga mempunyai sifat sebagai anti bakteri yang baik hingga memungkinkan untuk menyembuhkan berbagai masalah yang berkaitan dengan kesehatan.

Kopi dikenal dua jenis, yaitu kopi Arabika dan kopi Robusta. Ada satu jenis lagi yaitu lliberika yang tak seberapa terkenal.

Kadar kafein pada kopi robusta sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan kopi arabika. Jenis kopi robusta yang paling banyak diproduksi yaitu mencapai 87,1% dari total produksi kopi di Indonesia.

Sudah lama kopi diperdagangkan dalam bentuk kopi biji, kopi sangrai, kopi bubuk, kopi instan, dan bahan makanan lainnya yang mengandung kopi. Salah satunya dengan kayu manis.

Tinggalkan komentar