Kopi Kayu Manis

Pagi tadi mimin Bumi Kopi menonton drama Tiongkok berjudul Royal Feast. Judul Indonesianya adalah Perjamuan Kerajaan. Ada Xu Kai dan Wu Jin Yan yang sebelumnya sangat dipuji di drama berjudul Story of Yanxi.

Di drama ini ada kisah Selir Hu Shan Xiang yang mencelakai dirinya sendiri dengan tanaman herbal harian. Dia ahli pengobatan, bahkan bisa mengecoh tabib istana. Racun yang ia gunakan dari bahan-bahan obat yang tergolong aman.

Nonton ini, aku jadi ingat pada kopi kayu manis yang punya banyak manfaat itu. Tapi tak boleh diminum tiap hari karena bisa jadi racun bagi tubuh.

Kopi (coffea sp) merupakan suatu jenis tanaman tropis. Kopi juga merupakan minuman yang tidak mengandung alkohol dan memiliki kafein. Banyak manfaat yang didapatkan dari mengkonsumsi kopi, di antaranya kafein yang terkandung didalamnya dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh.

Kopi diperdagangkan dalam bentuk kopi biji, kopi sangrai, kopi bubuk, kopi instan, dan bahan makanan lainnya yang mengandung kopi. Salah satunya dengan kayu manis. Rasa hangat dari kopi dan kayu manis akan membakar lemak dari dalam. Selain itu, kayu manis juga mengandung serat yang tinggi sehingga membuat kita tak mudah lapar.

Kulit kayu manis banyak digunakan dalam pengolahan bahan makanan dan minuman atau sebagai bumbu masakan tradisioanal. Kulit kayu manis juga mempunyai aroma dan rasa yang khas. Kulit kayu manis mempunyai manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan misalnya bagi para penyakit gula, kulit kayu manis dapat menjadi alternative penyembuhannya.

Menambahkan kayu manis ke kopi bisa membantu menjaga kadar gula darah stabil, asalkan tidak menambahkan gula ke kopi. Kayu manis memiliki rasa manis yang khas. Kayu manis meningkatkan sensitivitas insulin segera setelah dikonsumsi. Kopi hitam campur kayu manis diklaim memiliki efek antioksidan.

Kopi dan kulit kayu manis memiliki antioksidan. Kandungan antioksidan pada kopi mampu mencegah kerusakan sel-sel otak, serta baik untuk kesehatan hati. Antioksidan yang terdapat pada kopi merupakan golongan Phenol yang terdapat pada senyawa asam klorogenat.

Rasa hangat dari kopi dan kayu manis akan membakar lemak dari dalam. Selain itu, kayu manis juga mengandung serat yang tinggi sehingga membuat kita tak mudah lapar.

Manfaat kopi kayu manis

  1. Pengontrol gula darah.
  2. Meningkat kinerja insulin.
  3. Anti peradangan.
  4. Mengurangi risiko serangan jantung.
  5. Terapi penyakit saraf.
  6. Melawan bakteri dan jamur.

Meskipun banyak manfaatnya namun kopi kayu manis tidak aman diminum setiap hari. Alasannya adalah salah satu kandungan dalam kayu manis dapat merusak fungsi hati. Ini didasarkan pada sejumlah penelitian.
Ada risiko toksisitas atau kerusakan hati, yang berasal dari kumarin, salah satu kandungan kayu manis. Kumarin dapat bersifat racun bagi hati bila dikonsumsi dalam jumlah besar.

Kalau mau kopi yang unik lainnya, bisa coba kopi rempah. Kopi Rempah adalah kopi dengan tambahan racikan rempah-rempah khas Indonesia seperti kayu manis, jahe, cengkeh, jintan, dan rempah lainnya.

Tinggalkan komentar