Lawang Sewu di Malam Hari

Mengunjungi Lawang Sewu di malam hari bisa jadi sebuah petualangan yang seru dan sulit dilupakan. Bukan tentang mistisnya tapi kecantikan gedungnya.

lawang sewu di malam hari

Lawang Sewu, gedung yang berada tepat di seberang jalan Tugu Muda Semarang itu sudah lama dikenal sebagai gedung yang diselimuti hawa mistis. Ada banyak cerita yang beredar mengenai keangkerannya. Tanpa bermaksud menyangkal, aku pernah berada di sana sampai malam hari sambil menunggu shuttle bus travel menuju Jepara, dan tak menemukan hawa mistis yang kental.

Okelah, ada satu ruangan di atas yang saat masuk, semua bulu kuduk auto berdiri. Selebihnya hanya tinggal rasa kagum dan penasaran.

Saya measa sayang jika menunggu sesuatu terlalu lama tanpa melakukan sesuatu Ada waktu dua jam sebelum perjalanan, jadi saya putuskan wisata tipis-tipis ke Lawang Sewu saja. Daripada bosan, kan? Makanya aku putuskan menunggu bis travel di gedung bekas kantor Kereta Api sejak zaman NIS (Netherlands-Indische Spoorweg Maatschappij) itu.

Biaya masuk Lawang Sewu juga hanya Rp 10.000,- bonus lantunan tembang hits tahun 2000-an yang empuk di telinga. Sangat murce. Senengnya, aku bisa asyik menulis di area belakang sambil pesan kopi di luar pagar. Bisa juga duduk d bawah pohon besar yang ada di tengah area.

Baca juga: Sejarah kopi di Jawa

lampu lawang sewu di malam hari

Senja itu, aku berkeliling dari satu kamar ke kamar lain sendirian ketika gelap perlahan mengambil alih. Kecuali nuansa jadul yang sangat kental, saya tak merasakan alam keseraman yang ditasbihkan orang-orang.

Bahkan aku dibuat nyaman dengan alunan musik awal tahun 2000-an yang akrab di telinga. Operator musik di gedung ini kemungkinan berusia sama denganku. Pilihan lagunya pass banget.

Aku asyik mempelajari display tentang bahan pembuatan lawang sewu dan teknik pemeliharaan. Di gedung bagian bawah. Ketika keluar, aku menjadi takjub, karena Lawang Sewu pada malam hari sangat indah!

Baca juga: Obyek Wisata Sejarah Menarik di Kota Surabayahttps://bumikopi.com/obyek-wisata-sejarah-menarik-di-kota-surabaya/

lawang sewu mandi cahaya

Puluhan lampu terang benderang menjadikan gedung tua ini terlihat bermandi cahaya. Jendela-jendela tinggi yang menjadi cirri khas bangunan terbuka lebar memperlihatkan ruangan-ruangan yang sebagian besar dibiarkan kosong.

Aku belum sebegitu paham mengenai plan site bangunan sehingga tak dapat menceritakan detailnya. Sepanjang yang aku tahu, ruangan-ruangan di bagian atas sebagian besar dibiarkan kosong, berbeda dengan ruang di bagian bawah yang dijadikan ruang display sejarah gedung.

Jika ke Lawang Sewu, usahakan di waktu yang berbeda. Jangan hanya saat terang saja.

Ingin melihat indahnya Lawang Sewu di malam hari? Coba deh… Cantik sekali!!!

Tinggalkan komentar