Pandangan Herbert Spencer tentang Masyarakat

Keluarga adalah bagian dari masyarakat. Unit-unit keluarga tergabung dalam satu komuniti sesuai dengan tujuan masing-masing. Mereka bisa saja dianalogikan sebagai sebuah tubuh manusia yang saling sokong sebagaimana pandangan Herbert Spencer tentang masyarakat.

Herbert Spencer merumuskan sebuah pandangan yang unik tentang Masyarakat. Ia adalah seorang filsuf dari Inggris yang sangat terkenal. Salah satunya adalah analogi masyarakat sebagaimana tubuh manusia.

Kok tiba-tiba bahas hal yang serius? Biasanya kan simpel tentang film/drama/kultur, hehehe. Kali ini Bumi Kopi ingin membuat catatan saja.

Tentang Herbert Spencer

Herbert Spencer adalah seorang filsuf Inggris. Ia juga seorang pemikir teori liberal klasik terkenal pada zamannya. Ia lahir tanggal 27 April 1820 dan menutup mata pada tanggal 8 Desember 1903).
Spencer menganalisis masyarakat sebagai sebuah sistem evolusi. Ia bahkan memiliki teori tentang “hukum rimba” dalam ilmu sosial. Menarik sekali.

Dalam dunia akademis, Spencer punya kontribusi terhadap berbagai macam subyek, termasuk etnis, metafisika, agama, politik, retorik, biologi dan psikologi. Multi disiplin ilmu. Pada zaman dahulu memang pada umumnya si tipe pembelajar akan menguasai beberapa disiplin ilmu untuk mendukung spesialisasinya. Beda dengan sekarang, ya.

Kalau mau tahu alasan utamanya adalah karena adanya pembedaan status yang ketat dan kesempatan mobilisasi ke atas melalui ilmu. Jadi kalau orang biasa mau hidup enak ala bangsawan atau minimal punya status yang lebih baik maka harus menjadi ahli sesuatu. Kalangan bangsawan tentu saja tak pernah mau kalah dengan kalangan biasa sehingga mereka lebih ketat lagi dalam belajar.

Balik ke Spencer. Menurutnya, objek sosiologi yang pokok adalah keluarga, politik, agama, pengendalian sosial dan industri. Ia juga memasukkan asosiasi, masyarakat setempat, pembagian kerja, pelapisan sosial, sosiologi pengetahuan dan ilmu pengetahuan, serta penelitian terhadap kesenian dan keindahan. Pandangan Herbert Spencer tentang masyarakat menyumbangkan ilmu sosial yang masih diakui sampai sekarang.

Pada tahun 1879 ia mengeluarkan sebuah teori tentang Evolusi Sosial yang hingga kini masih digunakan. Memang sudah ada perubahan di sana-sini mengikuti perkembangan zaman. Ia salah satu penganut Auguste Compte yang menyumbangkan tentang teori sosiologi statis dan sosiologi dinamis.

Pandangan Herbert Spencer tentang Masyarakat

Herbert Spencer percaya pada teori evolusi karya Charles Darwin. Menurutnya, teori tersebut bisa dianalogikan dalam teori tentang masyarakat manusia. Ia yakin bahwa masyarakat mengalami evolusi dari masyarakat primitif ke masyarakat industri. Itulah sebabnya Herbert Spencer memperkenalkan pendekatan analogi organik, yang memahami masyarakat seperti tubuh manusia, sebagai suatu organisasi yang terdiri atas bagian-bagian yang tergantung satu sama lain.

Sebelum lebih banyak, apa sih masyarakat itu? Masyarakat adalah sekelompok manusia yang terjalin erat karena sistem tertentu, tradisi tertentu, konvensi, dan hukum tertentu, yang yang memiliki kesamaan. Semua itu mengarah pada kehidupan kolektif.

Oleh karena sistem dalam masyarakat saling berhubungan antara satu manusia dengan manusia lainnya, maka mereka bersama membentuk suatu kesatuan.

Spenser mengambil ibarat tentang kondisi tubuh manusia atau memahaminya menurut analogi organik, yaitu, antara bagian yang satu berhubungan secara fungsional dengan bagian lainnya. Masyarakat sebagai suatu organisasi yang terdiri atas bagian-bagian yang memiliki hubungan ketergantungan satu sama lain atau bersifat organik.

Pandangan Herbert Spenser tentang manusia sampai sekarang masih digunakan, lho.

Tinggalkan komentar