Rahasia Sukses Begadang

Namanya penulis, sulit untuk lepas dari kebiasaan begadang. Kayaknya malah jadi kebutuhan. Kalau tidak begadang, pekerjaan tidak selesai. Dari kebiasaan jelek inilah saya mau berbagi rahasia sukses begadang.

Kalau diminta mengingat kapan saya tidak begadang, rasanya sulit. Jujur saja, saya nyaris tiap hari melakukannya. Keuali fisik drop lalu tertidur saat menidurkan anak. Itu beda lagi ceritanya.

Begadang sudah seperti lifestyle saya. Pasalnya hanya saat situasi tenanglah saya bisa produktif menulis. Hal ini terjadi bukan karena writer’s block tapi karena pekerjaan rumah dan mengasuh anak itu sulit untuk disatukan dengan pekerjaan menulis.

Saya punya anak kicik berusia 3 tahun yang amat sangat aktif. Jika saya memaksa tetap menulis di jam bermainnya, saya harus terima jika seluruh rumah berantakan. Oke bukan seluruh rumah tapi area yang bisa ia jangkau.

Oleh aarena menyadari bahwa pertumbuhan dan perkembangan anak adalah investasi penting, maka saya memutuskan mengalah.

Itu alasan saya sering begadang.

Prinsip penting dalam begadang

Menurut KBBI begadang adalah suatu kebiasaan terjaga sampai larut malam dan tidur saat pagi datang. Sesederhana itu dan tidak menyebutkan angka jam.

Setiap orang tentu memiliki waktu masing-masing kapan mereka mulai merasa ngantuk. Itulah mengapa tidak bisa ditetapkan secara pasti jam berapa seseorang harus tidur. Namun, sebaiknya Kamu harus tidur sebelum tengah malam atau jam 12, ya.

Kalau ingin begadang, baiknya sih tanyakan dulu beberapa hal pada dirimu sendiri. Contohnya;

1. Apakah ada manfaat begadang? Manfaat begadang ternyata mampu meningkatkan tingkat konsentrasi seiring meningkat pula aktivitas otak, terutama pada bagian korteks serebral. Orang yang kerap begadang lebih bisa bertahan untuk bekerja lembur dibandingkan orang yang tidur cepat di malam hari.

2. Apa yang terjadi jika begadang? Selain menyebabkan Anda mudah mengantuk dan kelelahan, kurang tidur akibat begadang juga bisa berpengaruh pada kondisi emosi dan psikologis. Kebiasaan sering begadang pun diketahui dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit, seperti diabetes, obesitas, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung.
Selain menyebabkan Anda mudah mengantuk dan kelelahan, kurang tidur akibat begadang juga bisa berpengaruh pada kondisi emosi dan psikologis. Kebiasaan sering begadang pun diketahui dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit, seperti diabetes, obesitas, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung

3. Apakah begadang bisa membuat badan kita kurus? Sebaliknya. Di waktu yang bersamaan, rata-rata indeks massa tubuh (BMI) mereka malah mengalami peningkatan, begitu juga dengan tingkat obesitas yang ikut naik. Maka dari itu, dari data ini bisa disimpulkan bahwa pernyataan begadang bisa bikin kurus tidak tepat

Jika terpaksa harus bedagang

Tetap harus begadang? Masih bisa disiasati kok. Bisa begadang namun tetap sehat. Berikut caranya:

  1. Menabung tidur sebelum begadang.
  2. Minum kopi dua jam sebelumnya
  3. Nyalakan lampu terang
  4. Siapkan camilan berprotein tinggi
  5. 30-40 menit sekali, lakukan peregangan
  6. Jangan sampai kedinginan
  7. Dengarkan musik
  8. Minum banyak air
  9. Sekali waktu cuci muka
  10. Jangan multitasking

Itu rahasia begadang tapi tetap sehat. Dan jangan lupakan nikmatnya kopi, ya

Tinggalkan komentar