Sejarah Rauh Welt Begriff

Dari ramping menjadi gendut, dari kurus menjadi bohai. Yap! itu adalah Porsche 911 yang di-tuning oleh Akira Nakai yang disebut RWB. dan untuk saat ini RWB adalah salah satu tuner Porsche terkenal di dunia karena estetika RWB yang sangat mencengangkan dan sedikit kontroversi.

Akira Nakai.

Jika kalian pernah menonton youtube-nya dan melihat Akira Nakai sedang bekerja pasti kalian sadar kalau orang ini selalu merokok, meminum minuman soda dan duduk sambil memperhatikan mobil Porsche yang akan diobrak-abrik sama doi. Akira Nakai telah mendapat ketenaran di seluruh dunia karena pekerjaannya dengan mobil Porsche, tapi sebenarnya Akira Nakai sudah menjadi orang yang berpengaruh di dunia otomotif sebelum dia menyentuh Porsche 911 karena sebelumnya dia adalah master Toyota AE-86.

Kita balik dulu ke tahun 90-an ketika Nakai-san adalah bagian dari sekelompok pengemar otomotif yang dikenal dengan nama ROUGH WORLD. Kelompok ini adalah penggila mobil yang suka memodif mobil mereka dengna gaya apapun yang mereka sukai. Yang paling terkenal adalah dengan gaya chamber-nya yang cukup ekstrem dan orang-orang menyebut nama mobil chamber itu Oni Kyan yang berarti devil chamber. Mereka sering melakukan drifting dengan Toyota AE-86 di Gunung Sukuba yang mana gunung ini tidak jauh lokasinya dari track fenomenal yaitu Sirkuit Sukuba. Nakai-san merupakan pemimpin dari kelompok ROUGH WORLD. Kemudian pada pertengahan tahun 90-an kelompoknya mulai muncul di majalah dengan Toyota AE-86 nya. Kenapa mobil mereka bisa terkenal? itu karena mobil mereka cukup berbeda dari mobil drift lainnya, mobil mereka terlihat agresif tetapi tetap elegan, dengan model ban yang tidak serasi antara depan dan belakang dan pastinya stiker yang besar di kaca depan yang bertuliskan rough world.

Meskipun sudah terkenal, tapi masih ada yang mengganjal di hati Nakai-san, ya ini karena beliau sangat mencintai Porsche sejak kecil dan kebetulan sekali saat itu ada 1 Porsche yang datang ke bengkelnya karena kecelakaan. Jadi Nakai-san mulai mencoba mengoprek-oprek mobil ini dan akhirnya bisa hidup kembali dengan gaya yang baru. Setelah itu Nakai-san membeli Porsche pertamanya yakni Porsche 911 tipe 930 pada usia 28 tahun dan langsung dimodif dan diberi nama Stella Artois. Dari mana nama itu berasal? yap, itu adalah nama bir favoritnya.

RWB pertama milik Nakai-san.

Setelah Nakai-san mempunyai porsche pertamanya dia langsung merubah mobil ini, yang mana dia hampir membuka semua part mobilnya dan diganti dengan serat karbon. Ini bertujuan untuk mengurangi bobot mobilnya. Dan pada akhirnya Nakai-san berhasil mengurangi bobot mobilnya sebanyak 362kg. Dan hal uniknya lagi body-kit nya dipasang sendiri dan manual oleh Nakai-san. Dia hanya menggunakan gergaji dan alat potong lainnya tanpa menggunakan alat ukur khusus dan tentu saja hasilnya sangat presisi. Pada saat itu mungkin agak nyeleneh / tidak biasa melihat modifikasi Porsche 911 dengan gaya over-fender, walapun begitu tetapi banyak juga orang yang suka akan hasil karya Nakai-san dan mulai berpikir sepertinya ini bisa menjadi lahan bisnis.

Pada tahun 2000-an Nakai-san membuat brand-nya sendiri khusus untuk menangani Porsche. Yang tadinya namanya ROUGH WORLD kini menjadi RAUH WELT BEGRIFF yang merupakan bahasa jerman yang berarti konsep dunia yang kasar. Jika kalian penasaran bagaimana cara memesan body-kit RWB yang dibuat khusus oleh orang satu ini? sebenarnya prosesnya cukup sederhana, kalian hanya tinggal e-mail pihak RWB, setelah mengajukan permintaan melalui e-mail kemudian tim RWB akan mengontak kalian kembali dan menanyakan part-part apa saja yang akan dipakai atau dibeli. Setelah semua oke Nakai-san akan datang ke lokasi kalian, sesampainya di lokasi akira-san akan duduk, merokok, meminum minuman sodanya sambil melihat ke mobil porsche kalian dan berpikir konsep apa yang ingin dia buat untuk mobil kalian.. Setelah Nakai-san mendapatkan konsepnya, dia langsung memotong bagian yang diperlukan. Semua dikerjakan oleh tangan Nakai-san dan matanya sebagai alat ukur tanpa ada bantuan dari alat ukur khusus ,dan dalam 2 hari biasanya mobilnya akan selesai.

Namun terlepas dari kesuksesannya yang mendunia dan client yang global, kantor utama RWB tetap berada di kota asalnya yaitu di Chiba, Jepang. Salah satu praktek bisnis RWB yang paling menarik adalah bahwa mereka hanya akan membuat 1 body-kit RWB Porsche untuk tiap 1 client. Kenapa begitu? ini karena Nakai-san mendasarkan desainnya pada kombinasi kepribadian pelanggan dan kepribadiannya sendiri. Jadi pada dasarnya dia mengatakan bahwa mobil yang dia buat hanya untuk anda. Walaupun terlihat sama tapi kenyatannya tidak akan ada mobil Porsche RWB yang sama di dunia ini. Sampai saat ini sudah lebih dari 1300 Porsche yang dibangun oleh nakai-san. bahkan di indoneisa pun sudah ada mobil Porsche 911 RWB.

salah satu Porsche RWB.

Pertanyaan yang pasti muncul di pikiran kita adalah berapa sih biaya yang akan dihabiskan untuk memanggil nakai-san ke rumah kita untuk mengerjakan mobil Porsche kita? biayanya mulai dari 550jt diluar tiket dan penginapan beliau. Dan itu adalah harga untuk body-kit saja, belum termasuk jika kalian ingin melakukan penambahan part yang lainnya. Bagi pecinta karya Nakai-san harga ini tidak masalah, terlebih jika nanti Nakai-san sudah tidak ada maka body-kit RWB juga tidak akan ada lagi karena seperti yang saya bilang tadi bahaw Nakai-san membuat body-kit nya secara manual, bukan menggunakan mesin pencetak massal yang kapan pun akan bisa dibuat, dan bagi Sebagian orang yang sudah memiliki body-kit RWB ini adalah bagian dari investasi jangka panjang, mungkin saja harganya bisa menjadi 10kali lipat. Bagaimana menurut kalian?

Salah satu proses pembuatan body-kit RWB, klik disini.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *