Smokey Nagata, Tuner “Gila” Dari Jepang

Orang ini ngebut sampai 312 km/jam di Jalan Raya Inggris dengan mobil yang tidak diregistrasi, karena hal itu orang ini ditangkap di Inggris. Namun terlepas dari itu orang “gila” ini menjadi salah satu orang yang paling dikenal di kancah mobil JDM. Yap, dia adalah kazuhiko Smokey Nagata, orang “gila” yang menukar mesin 2jz ke RB 26 di Toyota Supra mk4 ditambah dia membangun Toyota Supra mk4 dengan mesin v12. Bagaimana perjalanan Smokey menjadi orang paling gila dalam hal tuning mobil dan mendirikan rumah tuning paling legendaris di Jepang?

Kazuhiko “Smokey” Nagata

Dimulai dari pertanian di pedesaan Hokkaido, Jepang tahun 1970-an yang mana pulau itu sangat indah dan tenang ditambah banyak ladang gandum dan kedelai, semua yang dibutuhkan untuk hidup kasarnya sudah terpenuhi. Tapi ada satu hal yang kurang bagi Nagata yaitu balapan. Terlahir dalam keluarga petani, sejak usia dini Nagata menyadari bahwa dia lebih menyukai mengemudikan truk daripada bertani. Ayahnya adalah seorang montir mobil dan Nagata biasa membantu ayahnya untuk mengambil kunci pas. Lambat laun itu semua tidak cukup buat Nagata mudah, kemudian dia membeli sepeda motor dan di tune-up sendiri dan balapan di sekitar lahan pertanian. Setelah motor dia beralih ke Gokart.

Ketika dia berusia 15 tahun dia mengumpulkan uang dengan cara apapun untuk membeli Mitsubishi Galant GTO tahun 1970 bekas. Itu adalah proyek kecil yang menyenangkan untuknya. Hingga pada akhirnya dia mendapatkan pekerjaan di toko tuning bernama Trans. Pada awalnya Nagata bekerja sebagai mekanik tingkat rendah dan seperti yang bisa kalian bayangkan dia bosan melakukan pekerjaan itu, tapi Nagata tidak keluar dari pekerjaannya. Dia mengambil shift tambahan untuk mendapatkan pengalaman lebih di bengkel tuning itu. Nagata melakukannya bukan untuk uang tapi hanya untuk pengalaman.

Seiring berjalannya waktu dan sudah memiliki pengalaman, Nagata melakukan apa yang dia lakukan dulu. Dia mulai bekerja pada proyeknya sendiri dengna menggunakan sumber daya perusahaan dia akan membuat suku cadang baru, ini bertujuan agar mobilnya lebih bagus. Tapi kelakuannya mulai diketahu bos perusahaannya dimana dia menggunakan sumber daya perusahaan tanpa izin, namun bosnya sadar bahwa Nagata adalah pekerja yang hebat dan aset yang terlalu berharga bagi perusahaan jadi mereka tidak bisa memecatnya. Akhirnya sang bos berkompromi dengan Nagata dan mendapatkan izin dari bos untuk memakai aset perusahaan dan ini hanya rahasia antara sang bos dengan Nagata saja.

Setelah Nagata menjadi tuner yang cukup dihormati dia mempunyai satu misi bahwa mobil buatan Jepang bisa menjadi yang tercepat di planet ini, dia akan membuat rumah tuning JDM. Tapi tentu saja dia membutuhkan reputasi terlebih dahulu, dan sayangnya juga tidak tidak punya cukup uang untuk membangun mobil. Jadi mobil pertama yang dia tuning adalah mobil pelanggan bengkel di tempat dia bekerja yaitu Toyota Searra dengan mesin 7m. Di tangan Nagata mobil itu bisa ngebut sepanjang seperempat mil dalam waktu 12 detaik saja, dan karena hasilnya cukup memuaskan pelanggan tersebut membayar mahal kepada Nagata dan akhirnya Nagata mampun membangun mobilnya sendiri.

Mobli kanvas pertama Nagata adalah Nissan GTR r32 dan dia membangun mesin RB26 itu menjadi lebih bringas, intinya semua atas nama kecepatan. Setelah GTR nya selesai dituning dia akan bersaing dengan tuner lainnya di terowongan dan berhasil mengalahkannya. Kemudian dia berhasil membangun rumah tuning yang dia impikan yang diberi nama TOP SECRET.

Mobil kanvas pertama Smokey, Nissan Skyline GTR R32.

Nagata membuat rencana pemasaran untuk bengkelnya yang cukup gila dan ekstrem, ini adalah aksi pemasaran yang akan membuatnya dipenjara dan dilarang masuk ke negara tersebut selama satu dekade. Bagaimana ini bisa terjadi? Hal pertama yang diba butuhkan tentu saja mobil, dan kali ini kanvasnya adalah Toyota Supra mk4 dan gilanya lagi mobil ini tidak pakai mesin 2jz tapi malah diganti dengan mesin rb26 milik Nissan Skyline GTR dan hasil tuningnya itu bisa menghasilkan 1000 HP.

November 1998 ketika Majalah Max Power mengundang Nagata ke Inggris dia tahu dia harus pergi kemana karena memang tujuan utamanya ingin memasarkan bengkel tuningnya. Kemudian dia mengundang media Jepang untuk menemaninya. Setelah acaranya selesai ada seorang laki-laki dari Max Power menantang Nagata untuk membuktikan kalau mobilnya bisa ngebut sampai 320 km/jam dan Nagata menyanggupinya. Pada jam 4 pagi Nagata melaju di jalan raya menuju ke Jalan A1 di dataran tengah Inggris. Pada percobaan pertama indikator mesinnya menyala sehingga dia melepas throttlenya, dan pada percobaan berikutnya kap mesin mobilnya mulai goyang pada kecepatan 320 km/jam. Sayangnya tantangan yang dia sanggupi tidak bisa dia selesaikan karena pada percobaan ketiga Nagata langsung disuruh menepi oleh polisi dan langsung menangkapnya.

Toyota Supra MK4 1000 HP.

Nagata adalah orang pertama yang membuat rekor mobil tercepat yang pernah ada di jalan raya Inggirs. Setelah kejadian itu dia dipenjara selama satu malam dan hukumannya adalah sim internasional Nagata akan ditangguhkan selama 1 tahun, dikenakan denda sebesar 155 poundsterling, dan tidak boleh masuk ke Inggris selama 10 tahun. Walaupun begitu media Inggris telah menyaksikan hal gila ini dan mencetak kejadian ini di setiap koran dan segmen TV dan misi pemasaran bengkel Nagata pun terecapai dengan sangat sukses dan akhirnya kembali ke Jepang.

Sampai saat ini Smokey Nagata masih hidup dan bengkelnya menjadi salah satu bengkel tuning terkenal di Jepang dan bahkan dunia. Oh iya, Smokey ini adalah salah satu anggota club mobil yang paling elit di Jepang yaitu Midnight club.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *